Peningkatan Kualitas dan Kinerja Dewan Kerja Ranting Bersama Kwartir Cabang Rembang
Foto bersama para peserta dan kakak Andalan Kwarcab Rembang
Sabtu, 21 September 2019, Kwartir Cabang Rembang menyelenggarakan kegiatan Temu dan Pembinaan Dewan Kerja se-Kwartir Cabang Rembang di Sanggar Pramuka Kwartir Cabang Rembang.
Acara di buka oleh Kak Wartono selaku Wakil Ketua Bidang Binamuda Kwartir Cabang Rembang.
Kak Wartono sebagai pembina upacara dalam kegiatan Temu dan Pembinaan Dewan Kerja
Temu dan Pembinaan Dewan Kerja ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas Dewan Kerja khususnya di Kwartir Ranting. Materi yang disampaikan oleh kakak-kakak Andalan Kwartir Cabang Rembang antara lain tentang Pentingnya Menjaga Lingkungan Hidup oleh Kak Setyorini , Meningkatkan Jiwa Nasionalisme dan Bela Negara oleh Kak Didik Hartono Dan Pentingnya Mengetahui Kepribadian Sebagai Seorang Pramuka oleh Kak Wartono.
peserta kegiatan menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 Stanza
Sebagai awal kegiatan, peserta diperkenalkan dengan Lagu Indonesia Raya 3 Stanza. Lagu Indonesia Raya yang biasanya dinyanyikan hanya stanza 1. Meskipun sudah diangkap cukup, namun wawasan tentang Lagu Indonesia 3 Stanza harus dimiliki seorang pramuka khususnya Dewan Kerja.Pengenalan ini disampaikan oleh Kak Diah Ayu Petra.
Kak Diah Ayu Petra menyampaikan pengenalan Lagu Indonesia Raya 3 Stanza
Selanjutnya adalah Materi tentang Lingkungan Hidup oleh Kak Setyorini. Pentingnya menjaga lingkungan hidup pernah dibahas dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) yang diselenggarakan oleh ahli yang peduli terhadap lingkungan di Rio De Janeiro pada tahun 1992. Salah satunya adalah pembahasan tentang Pencemaran Lingkungan.  Faktor penyebab lingkungan tercemar bisa dari faktor  alam dan manusia. " Tercemar adalah kondisi lingkungan yang tercampur suatu zat yang melampaui batas. " tutur Kak Rini.
Kak Setyorini sebagai pemateri tentang lingkungan hidup
Cara menanggulangi pencemaran lingkungan bisa dimulai dengan mengurangi penggunaan bahan kimia dan menggantinya dengan bahan ramah lingkungan. Mengurangi penggunaan plastik karena plastik merupakan sampah paling banyak untuk saat ini dan membutuhkan waktu lama untuk bisa terurai.
Harapannya seorang pramuka mampu menjaga lingkungan dengan memanfaatkan, dan ikut serta menjaga lingkungan dengan sebaik-baiknya, terutama mengurangi penggunaan plastik.

Materi kedua adalah tentang Nasionalisme dan Bela Negara oleh Kak Didik Hartono. " Antarane lathi karo pakarti kudu nyawiji. Antara lisan dan perbuatan harus sesuai kenyataan. Sebagai seorang pramuka apalagi Dewan Kerja, harus tertanam jiwa nasionalisme dan kejujuran untuk menjadi bekal di masa depan" tutur Kak Didik.
Kak Didik Hartono menyampaikan materi tentang Nasionalisme dan Bela Negara
Nasionalisme itu harus ada dalam diri seorang pramuka. Oleh karena itu, belajarlah. Semakin terbiasa belajar maka akan menjadi suatu kebiasaan. Kebiasaan yang baik mulai dari sifat, sikap, perilaku, tindakan, dan juga pikiran. Amalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
Nasionalisme akan terwujud apabila disertai dengan Bela Negara. Bela Negara adalah tekad, sikap, dan tindakan warga negara yang teratur, menyeluruh, terpadu, dan berlanjut dilandasi dengan rasa cinta terhadap tanah air, sadar berbangsa dan benegara, disertai keyakinan bahwa Pancasila sebagai Ideologi negara dan  sikap rela berkorban.
perwujudan sikap nasionalisme seorang pramuka
Materi ketiga adalah tentang Kepribadian Seorang Pramuka. Kepribadian seorang pramuka dapat diketahui dari diri seorang pramuka itu sendiri. Melalui pembiasaan yang dilakukan, kepribadian tersebut akan muncul. Pembiasaan yang baik akan mewujudkan seorang pramuka yang baik, sesuai dengan Dasa Dharma. "Kepribadian sikap orang lain mampu melihat, tetapi pola pikir hanya diri sendiri yang mengetahui" Tutur Kak Wartono dalam materi ini.
Kak Wartono menyampaikan materi terakhir tentang kepribadian seorang pramuka


Penutupan Kegiatan Temu dan Pembinaan Dewan Kerja
Kepribadian seorang pramuka khususnya Dewan Kerja harus lebih baik dari orang lain. Kepribadian yang baik akan dicontoh dan menjadi panutan . Maka Dewan Kerja harus memiliki kepribadian yang baik untuk menggerakkan roda organisasi kepramukaan di kwartirnya.
Materi ini merupakan materi terakhir sekaligus penutup kegiatan Temu dan Pembinaan Dewan Kerja se-Kwartir Cabang Rembang.
Setelah kegiatan ini diharapkan Dewan Kerja mampu meningkatkan kualitas diri, dan kinerjanya terhadap Kwartir Ranting. Karena seorang Dewan Kerja adalah Pramuka Pilihan yang dipercaya bisa melaksanakan tanggungjawab demi kemajuan Gerakan Pramuka.
Dewan Kerja yang unggul akan memajukan Gerakan Pramuka seiring berkembangnya zaman.

Penulis : 02 DKC Rembang
Fotografer : Gita Panji S. Sekretaris DKC Rembang